BREAKING

Selasa, 19 Desember 2017

cara format hardisk external

Cara Format Hardisk External

Hardisk external merupakan perangkat keras di luar komputer yang dibutuhkan saat Anda akan melakukan back up pada file yang penting untuk tempat menyimpan data cadangan. Anda juga membutuhkan hardisk external untuk bertukar data dari satu komputer ke komputer lainnya. namun, hardisk external seringkali bermasalah atau error sehingga tidak mampu terbaca oleh komputer.
Untuk itu, Anda bisa melakukan cara memformat hardisk eksternal untuk mengembalikannya seperti semula. Ada banyak cara untuk memformat hardisk, yaitu melalui cmd, melalui bios, memperbaiki hardisk yang minta diformat, dan sebagainya.
Dalam artikel ini akan dibahas cara memformat hardisk eksternal dengan berbagai cara. Inilah informasinya:
1.      Cara format hardisk lewat cmd.
Prosedur format untuk penyimpanan ini dilakukan melalui cmd atau command prompt dengan basis DOS.
Tutorialnya adalah sebagai berikut:
·         Pastikan file penting dalam hardisk eksternal sudah dipindahkan ke media penyimpanan lain.
·         Setelah dipastikan aman, Anda bisa membuka command prompt administrator dengan cara klik tombol start menu kemudian ketik CMD. Lalu pilih run as administrator, lalu jendela CMD akan terbuka.
·         Lalukan format dengan quick format atau proses cepat. Saat muncul dialog “and press enter when ready”, Anda bisa langsung menekan tombol enter.
·         Ketik volume label hardisk dengan nama yang akan diberikan kepada hardisk setelah diformat.
·         Proses format akan berjalan. Anda tinggal menunggunya sampai selesai.
2.      Cara Format Harddisk Lewat Bios.
Untuk memformat hardisk lewat bios, Anda perlu melakukan dengan menggunakan CD /DVD-R. Namun apabila Anda tidak memiliki DVD-R yang kosong, Anda bisa melakukan dengan menggunakan pihak ketiga atau eksternal.
Pertama Anda harus mendownload universal installer USB sebagai runer dari USB bootle dan ikuti saja petunjuk yang diarahkan. Nantinya Anda akan diminta memilih distribusi Linux dimana terdapat informasi lengkap mengenai PC.
Setelah itu boot melalui drive USB ini, ubah beberapa pengaturan pada BIOS. Setelah itu ubah perangkat boot utama ke drive USB, simpan pengaturan yang telah Anda atur lalu keluar dari BIOS, masukkan USB bootable dan restart.
Dengan langkah tersebut PC anda akan secara otomatis boot perangkat lunak DBAN, seterusnya Anda hanya perlu mengikuti petunjuk yang tertera saja.
3.      Hardisk tidak bisa diformat.
Ada kalanya hardisk tidak bisa diformat. Hal tersebut kemungkinan hardisk mengalami bad sector sehingga Anda harus menggunakan cara lain untuk melakukan penginstallan. Caranya cukup mudah, gunakan saja Driver Sata.
Download Driver Sata di Google, extract file Drive Sata yang berupa .Rar tersebut menggunakan flashdisk yang nantinya bisa Anda gunakan sebagai media transfer Drive Sata. Kemudian klik tulisan load over dan tentukan dimana Anda meng-extract file tadi.
Tunggu saja hingga muncul datar driver yang cocok dengan perangkat Anda. Klik refresh, jika masih saja belum bisa diformat, silahkan restart perangkat Anda. lakukan restart berulang sampai proses instalasi berjalan dengan lancar.
4.      Cara memperbaiki hardisk eksternal yang minta diformat
Jika Anda mengalami masalah hardisk yang terus menerus minta untuk diformat padahal ada file penting di dalamnya maka Anda cukup melakukan langkah berikut ini:
Pertama, masukkan hardisk eksternal ke dalam port USB, kemudian masuk ke dalam CMD dengan klik start dan ketik cmd pada kolom pencarian.
Kemudian ketik CHKDSK/r/fH (huruf H menunjukkan path hard disk internal, jadi sesuaikan dengan path HDD yang Anda gunakan), lalu tekan enter. Selesai, Anda tinggal menunggu saja selama beberapa saat.
Setelah itu, bisa Anda cek hasilnya. Biasanya dengan menggunakan cara di atas hardisk Anda sudah tidak minta diformat lagi.

About ""

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vivamus suscipit, augue quis mattis gravida, est dolor elementum felis, sed vehicula metus quam a mi. Praesent dolor felis, consectetur nec convallis vitae.

Posting Komentar

 
Copyright © 2013 Generasi Komputer
Design by FBTemplates | BTT